Laman

Senin, 19 November 2012

Cara Mengubah Ukuran Teks Header pada Blogspot

Pada umumnya, saat kita membuat blog, teks pada header blog (blogspot) ukurannya secara default dan ukurannya sangat besar baik menggunakan template bawaan blogger maupun template ubah sesuaian (custom template). Teks yang ada pada header ini tidak tidak lain adalah judul dan sub judul (deskripsi) blog. Perhatikan Judul salah satu blog berikut ini:




Bagian yang berada dalam kotak merah adalah teks header (judul blog).

Bagaimana cara memperkecil ukuran teks pada header (judul) blog ini?  Untuk mengubah ukuran teks header (judul) blog, kita dapat melakukannya dengan menyunting beberapa kode html pada template yang gunakan. Untuk mulai melakukan perubahan, seperti biasanya Anda harus log in dahulu ke akun blogger Anda tentunya, lalu masuk pada Template, seperti tampak pada gambar berikut:


Klik pada Edit HTML, lalu akan tampak gambar berikut:


Klik Lanjutkan

Gambar di atas adalah kode HTML pada template yang gunakan. Cari bagian  <Group description="Blog Title" selector=".header h1"> atau yang mirip dengan itu, atau perhatika gambar berikut:


Ganti ukuran huruf yang Ada, misalnya pada gambar di atas adalah sebagai berikut:

<Variable name="header.font" description="Font" type="font"
         default="normal normal 60px Arial, Tahoma, Helvetica, FreeSans, sans-serif" value="normal normal 60px Arial, Tahoma, Helvetica, FreeSans, sans-serif"/>


60px yang terdapat pada kode HTML di atas adalah ukuran huruf yang digunakan pada blog. Jika Anda ingin menjadikan huruf lebih besar, maka isilah dengan angka yang lebih besar dari 60px. Dalam tutorial ini penulis akan memperkecil ukuran teks, maka penulis menggantinya dengan 60px, seperti berikut:

<Variable name="header.font" description="Font" type="font"
         default="normal normal 20px Arial, Tahoma, Helvetica, FreeSans, sans-serif" value="normal normal 20px Arial, Tahoma, Helvetica, FreeSans, sans-serif"/>


Selain mengubah ukuran huruf, kita juga dapat mengubah jenis huruf jika Anda menginginkannya. Sebelum melanjutkan, sebaiknya Anda melihat dahulu Pratinjau blog Anda, jika blog Anda tampil dengan baik, maka berarti Anda tidak melakukan kesalahan, namun jika blog Anda tidak tampil dan hanya menemukan pesan kesalahan sebaiknya Anda menutup dahulu tampilan Edit HTML. Jika tidak menemukan kesalahan, simpan template Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar